Dibawah Tekanan …..

Pagi ini saya sudah tak mampu lagi menuliskan paragraf-paragraf didalam novel yang sedang saya buat. Sebetulnya jari-jemari saya masih kuat untuk mengetik paragraf-paragraf baru, namun karena rasanya semakin berat, saya hentikan aktivas menulis untuk hari ini.

Novel yang sedang saya tulis ini bertemakan tentang pemuda yang mengidap schizophrenia, tokoh didalam novel ini berjuang melawan dirinya sendiri ditengah bayang-bayang horizon kematiannya. Ada banyak pergolakan batin didalamnya. Tanpa sadar, saya meresapi kalimat-kalimat yang saya tulis sendiri akan penderitaan, pergolakan batin tanpa henti dan rasa tak berdaya melawan apa yang menimpa tokoh didalam novel ini.

Saya akui bahwa menulis itu tidak mudah, saya membayangkan bagaimana tekanan yang dialami penulis-penulis besar ketika mereka berkarya.

Sastrawan dan filsuf seperti Nietzsche justru membuat karya besarnya ketika ia sedang mengalami gangguan kejiwaan. Terlepas dari kegilaannya, salah satu karyanya yang berjudul Beyond Good and Evil mampu mengguncang dasar filsafat dan masih dijadikan dasar filsafat kontemporer hingga saat ini.

Sastrawan dan seniman Perancis, Albert Camus justru membuat karya besarnya ketika ia berada pada kondisi hidup yang miskin dan menderita TBC, sebuah penyakit yang dimasa ia hidup tergolong penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Makna yang bisa saya petik dari dua tokoh ini adalah jangan takut untuk “tergores” dan “terluka” ketika sedang berkarya, dan berikan dedikasi sepenuhnya bahkan ketika kondisi kita sedang tidak memungkinkan sekalipun.

Merenungi semua hal diatas dan sambil menulis tulisan di blog ini membuat saya bersemangat untuk menyelesaikan novel ini. Waktu seumur hidup pun tak akan cukup bagi saya untuk menyempurnakan novel ini. Saya berharap masih punya waktu untuk menyelesaikan novel ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s