Bravetown, American independent drama musical film

Kali ini saya akan mereview sebuah film drama musikal independen yang cukup menarik perhatian saya di bulan lalu yaitu Bravetown.

image

Sebuah film dari Daniel Duran yang dibintangi oleh Lucas Till, Josh Duhammel dan Kherington Payne ini dirilis pada 8 Mei 2015.

Film ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Josh Harvest yang tumbuh besar di kota New York. Dalam kehidupannya, Josh Harvest adalah seorang anak broken home yang menghabiskan waktunya didalam club malam dan bekerja sebagai seorang Disc Jokey.

image

Didalam menjalani profesinya sebagai Disc Jokey, Josh Harvest sering memakai obat-obatan terlarang seperti ekstasi untuk meningkatkan adrenalin ketika ia tampil diatas panggung club malam itu. Kehidupannya yang gemerlap tiba-tiba berubah ketika Josh mengalami overdosis obat-obatan dan harus mengikuti program rehabilitasi narkoba dan konseling selama 12 bulan.

Atas kesibukan Ibu dari Josh Harvest akhirnya pengadilan memutuskan untuk mengirim Josh kepada Ayah kandungnya yaitu Jim T Wallace yang bertempat tinggal di Fargo, North Dakota Amerika Serikat.

Josh Harvest akhirnya pergi ke North Dakota seorang diri untuk tinggal bersama Ayahnya dan menjalani rehabilitasi narkoba serta konseling di kota tersebut. Didalam film ini tampak Josh Harvest meninggalkan seluruh kehidupan gemerlapnya di kota New York.

Nah, dari sinilah menurut saya cerita dari film ini semakin seru dan penuh dengan kejutan. Dikota Fargo lah semuanya berubah dan kehidupan baru Josh Harvest dimulai. Josh Harvest mengenal Ayah kandungnya yang tak pernah ia temui semenjak kecil dan bersekolah di sekolah baru yaitu Paragon High School. Di sekolah itulah seluruh sekolah menggunjingkan dirinya, ya kepindahan Josh Harvest memang menimbulkan banyak pertanyaan, “Buat apa seorang DJ dari New York pindah dan sekolah dikota kecil?”.

image

Hingga akhirnya semuanya berubah ketika Josh Harvest bertemu dengan seorang wanita satu sekolah yang bernama Mary Johnson.

Nilai-nilai kehidupan yang didapat dari film Bravetown :

Bagian yang paling seru adalah sesosok Josh Harvest justru menemukan jati dirinya dan belajar ber-empati ditengah kesulitan hidup yang sedang menempa dirinya. Awalnya Josh sangat menutup dirinya di sekolah barunya hingga ia bertemu dengan Mary Johnson yang membuatnya tersadar bahwa bukan dirinya saja yang mengalami penderitaan dan kesulitan didalam hidup.

Film ini membuat kita mengintrospeksi diri, menyelami sisi-sisi kehidupan yang tak terjamah dari seorang anak korban perceraian yang semula melampiaskan kekesalannya pada hal-hal negatif berubah menjadi sosok yang berguna, mengenal masyarakat dan memiliki andil dalam perubahan yang positif bagi dirinya dan orang-orang didalam kehidupannya.

Nampaknya film ini bagus juga untuk ditonton oleh orangtua. Di film ini ditampilkan pendekatan konseling dari tokoh Alexander Weller yang begitu parental dan mampu merangkul Josh Harvest untuk bangkit dari keterpurukannya.

image

Plus –minus dari film Bravetown :

Sudut pengambilan gambar cukup menggugah penonton untuk terus memperhatikan scene-scene yang disajikan. Film ini berhasil menampilkan kota Fargo, North Dakota yang indah, walaupun beberapa scene drama nampaknya agak berlebihan, monoton dan tidak natural.

Makna film yang lebih menonjolkan patriotisme ala Amerika ini mungkin membuat penonton sedikit sinis apalagi dengan akhir cerita film yang sedikit klise.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s