Keunikan Orang Indonesia (1)

Kita semua tahu kalo masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang multikultur, komunal dan setiap masyarakat di setiap daerah memiliki budaya yang khas. Mungkin keunikan itulah yang menjadikan para wisatawan mancanegara rela jauh-jauh datang kemari (tentu selain karena keindahan alam Indonesia yang aduhai).

Tapi bagaimana dengan kekuatan globalisasi, modernitas dan internet yang mulai memasuki kehidupan masyarakat kita? Apakah masyarakat kita mulai berubah haluan? Mulai mengacu pada kebudayaan kontemporer, meninggalkan budaya dan cara hidup ala masing-masing daerah yang unik itu? 

Saya pikir masyarakat Indonesia tuh mau dimasukin budaya barat kek, modernisasi kek, tetap saja masyarakat kita adalah masyarakat yang unik. Budaya asing, perkembangan ekonomi, teknologi dan informasi boleh saja masuk ke Indonesia, namun masyarakat kita akan mengolah “input” itu dengan cara mereka sendiri untuk mengeluarkan sebuah “output” baru yang unik. 

Jadi, mari kita lihat masyarakat Indonesia yang unik dimasa sekarang 🙂 :

1. Fashion

    Dikala brand-brand fashion dunia melebarkan sayap pemasarannya ke pelosok-pelosok planet ini (Itu lho merk baju yang harganye kagak masuk di akal), masyarakat Indonesia terutama anak muda punya cara yang unik agar tetap berpenampilan keren dan fashionable, diantaranya dengan menciptakan produk fashion lokal yang nggak kalah menarik, diantaranya :

    Mungkin produk itu tercipta dikala sang kreator habis makan rujak kedondong 5 kuintal ya 😂

    Habis mules terus ngapain hayo? Ya beraklah … 💩

    Eh ternyata yang keluar adalah CEPIRIT. Ya kayak judul lagu ya, CEPIRIT CARRIES ON … *halah 🙊

    Habis mencret jangan lupa …

    Oh iya buat om-om yang pengen tampil trendy, fashionable dan funky, om bisa beli aksesoris di : 

    Luar biasa bukan? hahahahahha TIDAK BERGAYA BARBEL MELAYANG …

    2. Teknologi Informasi dan Mobile Software Application

    Bisa dibilang masyarakat kita tuh nggak mau kalah ya. Kalau orang California punya Path dan Tinder maka orang Indonesia punya aplikasi mobile yang namanya : …

    Luar biasa bukan? HAHAHAHA 

    Ya begitulah, masyarakat kita ternyata cukup polyamory juga ya? 

    Meskipun begitu, sebagai orang Indonesia yang baik tentu kita menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, apalagi nilai yang terkandung dalam sila Pancasila yang pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

    Sebagai orang Indonesia tulen, hidup kita tak pernah jauh dari Tuhan, oleh sebab itu dibuatlah aplikasi yang brilian ini : 

    Sungguh religius bukan? LUAR BIASA SUPER SEKALI …

    Oh iya buat kamu para pria yang ingin mendapatkan pasangan, sudah nggak jaman lagi main TINDER dan aplikasi pencari jodoh lainnya. Cobalah aplikasi mutakhir ini :


    3. Industri Musik dan Hiburan

    Sebagai bangsa yang besar, tentu kita memiliki keinginan untuk bisa berdikari, mengembangkan potensi-potensi lokal yang berkualitas Internasional. Semangat itu juga kita terapkan didalam Industri musik tanah air.

    Kalau Amerika Serikat punya Paramore dan Katy Perry, maka Indonesia juga punya band yang berkualitas Internasional yang LAGU-LAGUNYA TIDAK COCOK UNTUK RAKYAT JELATA :

    Bagaimana? NINGRAT sekali bukan? HAHAHAHA 😺

    Dan tidak hanya disitu, Industri musik tanah air selalu diwarnai dengan gimmick-gimmick yang luar biasa hebat. Contohnya seperti band yang digawangi oleh Andre sang kolektor kucing Anggora : 

    Ya … Sampai disini dulu pembahasan episode Keunikan Orang Indonesia ini, masih banyak keunikan-keunikan dari orang Indonesia yang akan saya bahas …

    Mudah-mudahan dengan menyadari diri kita yang unik ini membuat kita semua semakin mantap dan percaya diri sebagai bangsa yang merdeka …

    Sampai jumpa di episode Keunikan Orang Indonesia selanjutnya 👐 

    3 responses to “Keunikan Orang Indonesia (1)

    1. Pingback: Keunikan Orang Indonesia (2) | Dwiki Wijayanto`s Personal Blog·

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s