Kenapa Nggak Boleh Jadi Musisi?

Orang bilang, musik adalah bisnis yang tidak stabil. Musisi adalah profesi yang tidak menjanjikan. Lihat aja tuh musisi cafe/hotel yang reguleran genjrang-genjreng semalaman tiga jam cuman dapet seratus rebu.

Itupun belum tentu tiap malem ada job! Gimana dengan nasib musisi yang mau bikin album / bersolo karir? Mereka sudah capek bikin album…, Eh … Albumnya gak laku ☹️

Nah loh! “Kamu masih mau jadi musisi?”, tanya Ibu Budi.

Oke! Gue akan menjawab dengan beberapa argumen atau lebih tepatnya pembelaan terhadap para musisi sih wkwkwk

Argumen yang pertama, memang musik itu adalah bisnis yang tidak stabil. Tapi kalo dipikir-pikir, bisnis apa sih yang paling stabil?

GA ADA BISNIS YANG STABIL MEN !!!

Coba kasih tau gue, bisnis apa yang paling stabil didunia ini? Oke! Gausah bisnis deh, coba kasih tau gue Investasi apa yang paling stabil?

Investasi Properti? Lu tau ga harga tanah dan rumah bisa turun bahkan anjlok harganya?

Nih ya, tanah itu bukan barang yang terbatas jumlahnya. Jaman sekarang manusia udah bisa reklamasi untuk ngebikin lahan buat rumahnya. Pada akhirnya harga tanah dan rumah bakalan lebih murah.

Terus ada lagi orang bilang, “Daripada lu jadi musisi mending jadi pegawai swasta kek, enak dapet gaji bulanan!”

WOIII !!! Lu pikir kalo lu udah ngantor di perusahaan swasta duduk pake kemeja rapi, Trus hidup lu aman?

Perusahaan lu bisa bangkrut!! Lhah bayangin aja, perusahaan sebonafit Go-Jek aja kabarnya memecat ratusan pegawainya kok.

Trus ada juga yang bilang, “Yaudah lu jadi pegawai negeri aja napa sih!!!”

HEH !!! Lu pikir kalo lu udah jadi PNS, hidup lu udah aman?
Kan negara juga bisa bangkrut !!!

NIH YA GUE KASIH TAU. Dari jaman baheula, dari jaman dinasti nenek moyang, PEKERJAAN MUSISI ITU UDAH ADA !!!

Jaman dulu kan banyak tuh raja dan sultan-sultan dinasti Asa Akira ngumpul, mereka selalu ngundang pemusik buat ngehibur mereka.

Jadi siapa bilang pemusik itu adalah profesi yang tabu? Pekerjaan musisi itu udah ada dari jaman dulu woi! Musik itu salah satu ilmu tertua juga, musik itu jauh lebih dulu ada dari perusahaan-perusahaan itu!

Musik itu adalah seni yang mungkin ga bakal punah, karena ia selalu berinteraksi dengan perkembangan jaman dan musik selalu berkembang. Di tahun 2020 ini, lu tetep bisa dengerin album Miles Davis sama John Mayer secara bersamaan. Artinya musik itu ga ada punah-punahnya, dan kalaupun saluran / jalur distribusi industri musik hancur, musik akan menjelma kedalam bentuk-bentuk lain, misalnya saluran distribusi musik digital.

Itu kalo lu masih mau mikir ya! Yang ga mau mikir mah terserah deh.

Lu boleh ngata-ngatain musisi itu pekerjaan sampah, pengangguran males dan sebagainya. Tapi jangan hambat kreativitas musik orang-orang terdekat lu! 

Lagipula jangan hambat cita-cita orang buat jadi musisi deh. Kita harus paham cita-cita orang itu macem-macem, ada yang pengen jadi guru, bankir, dokter, akuntan, notaris dan sebagainya.

LAGIAN HIDUP INI BUKAN BUAT NYARI UNTUNG GAJI DOANG KOK!

Lu mesti paham konsep rugi dan untung!. Orang lu napas tiap detik paru-paru lu terkikis dan otot jantung kita melemah tiap detiknya kok. Umur kita juga berkurang tiap harinya!. Ga ada yang bisa untung didalam kehidupan ini!

Kalo lu menanyakan pertanyaan, “Emang bisa hidup dari main musik doang?”

Itu sama aja lu nanyai pedagang flashdisk dengan pertanyaan, “Emang lu bisa hidup dari jualan flashdisk doang?”

Yang ada lu di tampar ama tu tukang flashdisk!!! Jangan rese deh lu!!!

Walaupun tertatih, menderita dan rugi berdarah-darah, masih banyak orang yang yakin kalo musik adalah jalan hidupnya.

Apapun bidang yang kita yakini, tekunilah sampai mati.

HIDUP MUSISI !!!

2 responses to “Kenapa Nggak Boleh Jadi Musisi?

  1. Wkwkw ngegaaas lagi tulisannya 😭 kayaknya org tua skrg emg masih banyak yang mengecilkan profesi seseorang dan msh mikir kalau kerja itu ya kalauu ga jadi PNS, ya kerja di perusahaan swasta yg gajinya gede.
    Musisi, seniman/pelukis jg mgkn msh sering bgt dipandang sebelah mata.
    Bener sih yang kamu bilang “HIDUP INI BUKAN BUAT NYARI UNTUNG GAJI DOANG KOK!” msh ada yang namanya kepuasan dan kebahagiaan dr melakukan sesuatu yang kita sukai walaupun mgkn gajinya gasebesar dibanding beberapa pekerjaan lain.

    Like

    • Wkwkwk orang jaman sekarang harus digas biar ga ngantuk bacanya! 😄

      Iya sebetulnya semua profesi sama aja kok, profesi seniman apalagi musisi masih dipandang sebelah mata. Musisi yg ga sukses banyak yg melarat tapi musisi yg sukses banyak yg tajir melintir.

      Ya sama deh, ada dokter, notaris, akuntan yg penghasilannya biasa aja, tapi ada juga yg tajir. Tapi kan rasanya jadi ga asik kalo ngeliat profesi berdasarkan penghasilan duitnya. Ya nggak sih? Muakasih udah dibaca loh ya wkwkwk

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s