Bebas Berbahasa

Di sudut kantin kampus, ada dua mahasiswi berbisik-bisik nyinyir, “Eh kalian tengok deh…, dia mukanya Jawa tapi kok sok Inggris gitu sih?”

Rupanya mereka mengomentari seorang pria  yang katanya Mahasiswa pindahan dari Canberra. Padahal tidak ada yang aneh dari Mahasiswa pindahan dari Canberra itu, nilai ujiannya bagus, absen kuliahnya tertib dan yaaaa dia layaknya mahasiswa normal kok!.

Mungkin yang membuat para mahasiswi nyinyir itu heran, bagaimana bisa mahasiswa bermuka khas Asia Tenggara bisa fasih berbahasa Inggris dan berlogat bicara layaknya orang Australia.

Rasanya pengen banget bisikin ke kuping mahasiswi-mahasiswi itu dengan pertanyaan, “Emang kenapa kalo orang bermuka Jawa tapi berbahasa Inggris?”

Ga boleh? Hah??

Coba pikir deh, Bagaimana dengan keturunan Orang Jawa di Suriname yang lebih fasih ngomong pake bahasa Belanda?

Gimana juga dengan keturunan Orang Jawa di New Kaledonia yang lebih fasih ngomong bahasa Perancis?

Tidak ada yang salah ketika orang dari ras manapun fasih berbicara dalam bahasa apapun.

Orang yang mengatakan kalo orang China seharusnya berbahasa Mandarin dan orang Jawa seharusnya berbahasa Jawa adalah ORANG YANG GA ASIK!

MAINMU KURANG JAUH BRO !!! wkwk

Come on cincai lah! Pencampuran Bahasa dan Budaya sangat gampang terjadi di Bumi yang bentuknya Bulat dan bisa dijangkau dengan mudah pake pesawat terbang ini !!!. Jaman sekarang gitu lohh !!!

Memangnya ini jaman penjajahan Hindia Belanda? Dimana bahasa, ras dan warna kulit menunjukkan kelas/strata sosial?

Walaupun kamu berbahasa Belanda, itu bukan berarti kamu lebih pintar dan berkelas dibanding orang-orang yang memakai bahasa Melayu.

Walaupun kamu memakai bahasa Indonesia, itu bukan berarti kamu lebih baik dari mereka-mereka masyarakat suku adat minoritas.

Walaupun kamu medok dan fasih berbahasa Jawa, bukan berarti kamu harus merendah dan menjadi minder dihadapan orang yang memakai bahasa Inggris!!

Jaman sekarang gitu loh! Ceileh …

Begitu pula dengan gaya hidup. Tiap orang bebas menentukan gaya hidupnya masing-masing.

Biarpun kamu orang Jawa tapi bergaya hidup ala Rapper di California juga boleh kok. Siapa yang ngelarang?

Paling-paling juga kena cibiran!!, gayamu dinilai kurang tepat oleh Ibu-ibu arisan, selebihnya yaaa… resiko kamu tanggung sendiri!.

Coba perhatikan, jari telunjuk pria Asia itu menunjuk ke Benua/Negara apa?

Di Brazil pun banyak orang keturunan Jepang yang fasih berbahasa Portugis. Terkadang, mereka orang keturunan Jepang itu sudah merasa menjadi orang Brazil, menjalani gaya hidup seperti orang Brazil pada umumnya, walaupun dengan bentukan khas wajah Jepang. Kadang mereka menyebut diri mereka sebagai Japanese Brazilian.

Lu pada bisa bayangin ga? Ketemu orang bermuka Asia Timur tapi fasih berbahasa Portugis???

Duarrr!!! Rasanya penduduk Bumi ini sudah tercampur aduk! Dan itu memang sudah terjadi !!!

Terus gimana? Masih mau maksain Bahasa dengan bentuk muka?

Atau kamu masih mau ngatain orang yang fasih berbahasa asing dengan kalimat, “AH DASAR GA NASIONALIS !!!”

Fuih… Jangan Toxic Nationalism gitu ah!!! UDAH GA JAMAN !!!!

Bye …

4 responses to “Bebas Berbahasa

  1. Padahal bahasa lebih ke tempat tinggal aja sepertinya. Aku sendiri darah jawa batak, muka sering dikira cina tapi ya, bisanya cuma ngomong bahasa indonesia doang.

    Like

    • Sebetulnya aku ga fasih banget juga, cuman ketiga bahasa daerah itu punya kemiripan, bahasa Sunda mirip bahasa Jawa (terutama yg Krama Inggil) sedangkan bahasa Bengkulu yaaa kadang mirip bahasa indonesia dikit wkwk. Biasanya kalo sering denger orang daerah sekitar pada ngobrol, otomatis kita bakal ngerti & bisa bahasa daerah itu kok 😄

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s